Pahami yuk 5 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Anda Tahu

 

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang yang banyak terjadi. Osteoporosis bukan hanya disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium. Masih banyak penyebab lain yang dapat menyebabkan osteoporosis. Kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan, tanpa disadari dapat berkontribusi menyebabkan penyakit ini.

Beberapa kebiasaan tersebut di antaranya adalah :

Terlalu banyak istirahat

Semakin sering Anda menggunakan atau menggerakkan tulang, maka tulang akan menjadi semakin kuat. Sebaliknya bila Anda terlalu banyak istirahat dan kurang aktivitas fisik, maka Anda akan kehilangan massa tulang. 


Anda sebaiknya melakukan aktivitas fisik secara teratur. Melakukan treatment dengan alat terapi kesehatan tulang merupakan salah satu aktivitas terbaik untuk mencegah osteoporosis.

Banyak mengonsumsi daging

Daging mengandung banyak protein. Mungkin daging memang baik untuk pembentukan otot. Namun diet tinggi protein dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium. Kehilangan banyak kalsium dapat mengakibatkan berkurangnya mineral dalam tulang, yang dapat menyebabkan osteoporosis.

Banyak mengonsumsi makanan asin

Pola makan lain yang juga dapat menyebabkan osteoporosis adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan asin. Saat mengonsumsi banyak garam, ginjal akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan natrium, saat itu jugalah kalsium akan ikut terbuang.

Menghindari cahaya matahari

Setiap orang membutuhkan cahaya matahari sebagai sumber vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium. Bila Anda menghindari cahaya matahari, maka Anda akan kekurangan vitamin D, yang berakibat osteoporosis.

Minum alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menghambat penyerapan kalsium. Selain itu alkohol juga dapat memengaruhi pankreas dan hati, yang dapat berpengaruh pada jumlah kalsium dan vitamin D di dalam tubuh. Alkohol juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang.
Pahami yuk 5 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Anda Tahu 4.5 5 Unknown Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang yang banyak terjadi. Osteoporosis bukan hanya disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.