Penyebab Nyeri Bahu dan Cara Mengatasinya

 


Nyeri bahu merupakan salah satu gangguan yang menyiksa dan dapat menghambat produktivitas kerja. Secara umum, nyeri bahu dapat disebabkan oleh banyak hal dan dapat bersifat akut maupun kronik.

Nyeri bahu umumnya bersumber dari gangguan yang terjadi pada struktur penyusun sendi bahu. Struktur tersebut adalah tulang, otot, ligamen serta kapsul sendi. Semua struktur yang menyusun sendi bahu bisa menyebabkan nyeri.

Salah satu masalah yang dapat menyebabkan nyeri sendi adalah peradangan pada tendon atau tendintitis. Proses peradangan ini bisa terjadi secara akut atau cepat maupun secara kronik atau perlahan. Selain karena peradangan, robekan pada tendon juga kerap menimbulkan nyeri bahu.

Peradangan pada bursa (kantong cairan) juga bisa memicu terjadinya nyeri bahu. Bursa biasanya terletak di atas sendi dan berfungsi sebagai bantalan di antara tulang dan tendon. Peradangan bisa terjadi akibat daerah bahu digunakan secara berlebih misalnya saat berolahraga.

Paling sering keluhannya susah mengangkat tangan ke atas, karena bursa tergesek dan menimbulkan nyeri.

Penyebab nyeri bahu lainnya adalah instabilitas pada sendi bahu. Salah satu pemicu terjadinya instabilitas pada sendi bahu adalah dislokasi berulang. Robekan pada labrum atau bumper sendi juga bisa menyebabkan sendi bahu copot dari posisinya.

Arthritis atau radang sendi juga menjadi salah satu penyebab nyeri bahu. Arthritis biasanya terjadi akibat proses degeneratif. Nyeri yang timbul biasanya perlahan dan semakin lama semakin memberat.

Lalu bagaimana untuk mengatasi atau mengurangi nyeri bahu? Anda bisa mencoba untuk menggunakan alat terapi tulang yang akan meringankan nyeri pada bahu.
Penyebab Nyeri Bahu dan Cara Mengatasinya 4.5 5 Unknown Nyeri bahu merupakan salah satu gangguan yang menyiksa dan dapat menghambat produktivitas kerja. Secara umum, nyeri bahu dapat disebabk...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.